LAILATUL QADAR

Bookmark and Share

Lailatul Qadar

Lailatul Qadar

KEUTAMAAN LAILATUL QADAR
KAPAN MALAM LAILATUL QADAR
TANDA MALAM LAILATUL QADAR
DOA MALAM LAILATUL QADAR

Segala puji bagi Allah atas berbagai macam nikmat yang Allah berikan. Shalawat dan salam atas suri tauladan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada keluarganya dan para pengikutnya.

Bersemangatlah di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Para pembaca yang semoga dimudahkan Allah untuk melakukan ketaatan. Perlu diketahui bahwa sepertiga terakhir bulan Ramadhan atau 10 malam terakhir bulan Ramadan adalah saat-saat yang penuh dengan kebaikan dan keutamaan serta pahala yang melimpah. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu suri tauladan kita - Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam- dahulu bersungguh-sungguh untuk menghidupkan sepuluh hari terakhir tersebut dengan berbagai amalan melebihi waktu-waktu lainnya.  
Sebagaimana istri beliau - Ummul Mu’minin Aisyah radhiyallahu ‘anha - berkata, 
 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَجْتَهِدُ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مَا لاَ يَجْتَهِدُ فِى غَيْرِهِ. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR. Muslim) Aisyah radhiyallahu ‘anha juga mengatakan, 
 كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ ، وَأَحْيَا لَيْلَهُ ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima’, pen), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari & Muslim) 
Maka perhatikanlah apa yang dilakukan oleh suri tauladan kita! Lihatlah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bukanlah malah mengisi hari-hari terakir Ramadhan dengan berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan untuk persiapan lebaran (hari raya). Yang beliau lakukan adalah bersungguh-sungguh dalam melakukan ibadah seperti shalat, membaca Al Qur’an, dzikir, sedekah dan lain sebagainya. Renungkanlah hal ini!

KEUTAMAAN LAILATUL QADAR
KAPAN MALAM LAILATUL QADAR
TANDA MALAM LAILATUL QADAR
DOA MALAM LAILATUL QADAR

Tolong Bagikan Description: LAILATUL QADAR Rating: 4.5 Reviewer: Agetz Rara - ItemReviewed: LAILATUL QADAR
Posted by: Agetz Rara
BERBAGI CERITA, Updated at: 02.00